Berbangga dan Bergembira: Mengenal Lingkungan Sekolah dan Profil Pelajar Pancasilamelalui MPLS 2023/2024 di SMA Negeri 12 Semarang

SMA Negeri 12 Semarang menggelar Masa PengenalanLingkungan Sekolah (MPLS) dengan tema “Berbangga danBergembira Bersekolah untuk Perwujudan Profil Pelajar Pancasila”. MPLS, kegiatan tahunan untuk menyambut peserta didik baru, diadakan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. Selain itu, MPLS juga berfungsi sebagai sarana perkenalan peserta didik terhadap lingkungan baru di sekolah, termasuk dengan sesama peserta didik baru, peserta didik kelas XI dan XII, guru, dan karyawan di sekolah, serta berbagai macam kegiatan rutin di lingkungan sekolah.

Sebelum MPLS berlangsung, kegiatan pra MPLS atau pembekalan telah dilaksanakan pada hari Jumat (14/07/23). Acara ini meliputi apel, pengenalan pengampu kelas, pengenalan lingkungan sekolah, dan pembekalan oleh pengampu kelas, yang berisi penjelasan tata tertib MPLS. MPLS tahun 2023/2024 dibuka dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kepala SMA Negeri 12 Semarang, Dr. Endah Dyah Wardani, M.Pd, yang memberikan sambutan selamat datang kepada peserta didik baru SMA Negeri 12 Semarang untuk tahun ajaran 2023/2024.

Kegiatan MPLS berlangsung selama 3 hari, dimulai pada Senin (17/07/23) dengan rangkaian acara yang melibatkan materi dari Puskesmas Kecamatan Gungungpati, Koramil Kecamatan Gunungpati, serta para guru. Selanjutnya, pada hari Selasa (18/07/23), kegiatan meliputi senam, pembuatan karya daur ulang limbah, pelatihan baris berbaris, mini game, dan promosi organisasi OSIS/MPK. Hari terakhir MPLS dilaksanakan pada hari Kamis (20/07/23) dengan penampilan Festival Ekstrakulikuler yang ada di SMA Negeri 12 Semarang, kegiatan pembuatan kreativitas bersama pengampu, dan diakhiri dengan apel penutupan MPLS yang dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Bapak Ismail, S.Pd.

Melalui MPLS ini, diharapkan seluruh peserta didik dapat menyatu menjadi satu, sebagai warga SMA Negeri 12 Semarang yang pandai berkarya, inovatif, dan berakhlak mulia dalam semangat Pancasila.