GEBYAR RAMADAN “INDAHNYA RAMADAN MERAIH TAQWA”

Selasa, 26 April 2022 untuk melaksanakan program sekolah, bidang kesiswaan SMA Negeri 12 Semarang  melalui OSIS SMA Negeri 12 Semarang, menyelenggarakan rangkaian kegiatan Gebyar Ramadan 2022,  diantaranya adalah: kuliah tujuh menit ramadan, berbagi takjil, lomba yang dikuti oleh peserta didik, Rp 2000 berbagi, serta pelaksanaan pembayaran zakat fitrah. Peringatan Nuzul Qur’an yang merupakan puncak acara dari seluruh rangkaian kegiatan Gebyar Ramadan 2022.


NUZULUL QUR’AN “Indahnya Ramadhan Meraih Taqwa” 

Kepala SMA Negeri 12 Semarang Dr. Endah Dyah Wardani, M.Pd menyampaikan dalam sambutannya kepada seluruh peserta didik antara lain bahwa, Peringatan Nuzulul Quran merupakan peringatan di mana hari tersebut telah turun kitab suci Al-quran yang kita gunakan sebagai panutan baik di dunia dan akhirat. Di dalam kitab tersebut segala-galanya ada. Maka dari itu kita semua sebagai umat manusia dan umat Islam wajib bangga dan juga bersyukur, karena kita telah dikenalkan dan diwajibkan untuk menganutnya.

Tujuan kegiatan Gebyar Ramadan 2022 adalah sebuah kegiatan untuk memeriahkan penyambutan bulan suci Ramadan yang penuh berkah. Khususnya pada tanggl 17 Ramadan yang kita isi dengan Peringatan Nuzulul Quran di mana kitab suci Al-Quran diturunkan. Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan mengenai Al-Quran serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah S.W.T.

Peringatan Nuzulul Quran merupakan sebuah kegiatan untuk memperingati lahirnya kitab suci Al-Quran di dunia. Kegiatan ini di isi dengan ceramah yang di sampaikan oleh Ustadz Lukman Wahid S.Pd.I, M.Pd., kemudian terdapat sesi pembagian hadiah pemenang lomba, dan juga beberapa penampilan dari peserta didik SMA Negeri 12 Semarang.

Dalam tausiyahnya, Ustadz Lukman Wahid S.Pd.I, M.Pd., dengan judul “Menjadi Orang Yang di Rindukan Surga”. Dalam ceramahnya, ada beberapa hal diantaranya: 1) Orang yang selalu ingin belajar akan menjadi orang yang dirindukan surga; 2) Orang yang beribadah secara continue adalah istiqamah akan dilimpahkan rezekinya; 3) Belajar membaca Al-Qur’an dan memperbaiki ilmu murotal Al-Qur’an akan mendapat ganjaran dari Allah; 4) Khatam Al-Quran sebagai media pembelajaran dan sebagai bentuk media mendapatkan berkah dibulan ramadhan; 5) Belajar Al-Qur’an dimulai dari membaca surat-surat pendek; 6) Pada 10 hari terakhir bulan ramadan Rasulullah S.A.W. menganjurkan kepada kita untuk berfikir kepada Allah S.W.T supaya rumah kita selalu berhias cahaya, kedamaian, dan ketentraman; 7) Bulan Ramadhan ibadah wajibnya adalah puasa, bahkan orang yang tidak berpuasa harus menqada atau membayar fidyah.


KULTUM RAMADHAN 2022 / 1443 H

Semoga dengan rangkaian kegiatan Gebyar Ramadan 2022 kita semua mampu menanamkan karakter, memberikan makna bagi peserta didik dan warga sekolah sesuai dengan salah satu misi SMA Negeri 12 Semarang yaitu Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur berdasarkan Pancasila.