NIHONGO PARTNERS SMA NEGERI 12 SEMARANG BERSAMA WATANABE ICHI

SMA Negeri 12 SEMARANG berkesempatan mengikuti program NIHONGO Partners (NP) gelombang 17 B, yang akan di laksanakan pada bulan September 2022 – Maret 2023.

Program NIHONGO Partners (NP) adalah program yang mendukung pendidikan bahasa Jepang di negara-negara ASEAN dengan melaksanakan kegiatan pengenalan bahasa dan budaya Jepang di dalam maupun di luar kelas dengan sukarelawan yang berperan menjadi mitra percakapan maupun asisten dalam kegiatan belajar-mengajar, sebagai mitra dari pengajar dan siswa pembelajar bahasa Jepang. Para Partners sendiri juga akan memperdalam dan mempelajari bahasa maupun budaya setempat, dengan tujuan menjadi jembatan bagi negara-negara ASEAN dan Jepang.

Native speaker dari Jepang yang akan bertugas di SMAN 12 adalah Watanabe Ichi bersama Guru Bahasa Jepang SMAN 12 Semarang Ibu Rike Riszki Yunitasari, S.Pd. yang mengikuti program NP, melakukan workshop terkait persiapan pelaksanaan Team Teaching bersama NP di dalam kelas meliputi pengenalan kosakata, Mendengarkan, dan Berbicara. Guru (CP) dan NP berlatih bekerja sama dalam mengajarkan bahasa Jepang di dalam kelas. Disamping itu juga melaksanakan pelatihan Team Teaching mengenai pengenalan budaya Jepang di dalam kelas. Guru dan NP berlatih saling bekerja sama untuk menciptakan pembelajaran bahasa Jepang yang menyenangkan dan mudah di pahami.

Setelah melampaui serangkaian administrasi dan workshop, Watanabe Ichi memulai masuk sebagai guru bahasa Jepang di SMAN 12 Semarang. Hal ini tentunya disambut dengan gembira dan antusias oleh peserta didik khususnya dan juga sekolah. Ibu Dr. Endah Dyah Wardani, M.Pd selaku Kepala SMAN 12 Semarang menyambut baik dan menyampaikan selamat datang kepada Watanabe Ichi, dengan kehadiran Watanabe Ichi memberikan warna dan semangat peserta didik untuk belajar di kelas. Selain itu, Watanabe Ichi juga sangat senang dan antusias dalam mengenal bahasa dan budaya yang digunakan sehari-hari di sekolah. Termasuk antusias dalam mengikuti program sekolah baik bidang akademik dan non akademik. Semoga jalinan kerjasama ini berjalan baik dan berlanjut, dan memberikan motivasi bagi peserta didik untuk belajar lebih giat.

Penulis: Rike Riszki Yunitasari, S.Pd.
Editor: Yekti Wikani, M.Pd.