PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SMA NEGERI 12 SEMARANG

Senin 28 Maret 2022 SMA Negeri 12 Semarang menyelenggarakan Ujian Sekolah Berbasis Web (USBW) di Sekolah kepada seluruh peserta didik kelas XII sebagai akhir dari kegiatan belajar mengajar di satuan pendidikan. Dalam mengerjakan soal USBW, peserta didik masuk (login) ke menu Assessment pada aplikasi simpel12.com menggunakan peralatan HP,/ tablet/, laptop. Pelaksanaan USBW hari pertama dengan mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, jam ke-2 mata pelajaran Bahasa Indonesia, semua berjalan lancar.

  Kepala SMAN 12 Semarang Dr Endah Dyah Wardani, M.Pd sedang memantau jalannya USBW di ruang

Sebelum pelaksanaan USBW, Sekolah menyelenggarakan Kegiatan Motivasi dan Doa Bersama (26 Maret 2022) dalam rangka mewujudkan misi sekolah yang pertama yaitu Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Budi Pekerti Luhur Berdasarkan Pancasila. Kegiatan tersebut dibuka dan dihadiri Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah, seluruh wali kelas XII, guru BK dan guru agama kelas XII. Motivasi dan doa bersama ini dilaksanakan secara luring dan daring, satu peserta didik di setiap kelas hadir di sekolah dan peserta didik lainnya mengikutinya secara daring melalui zoom meeting. Peserta didik yang beragama Kristen, Katholik dan Hindu juga melakukan motivasi dan doa bersama yang dipandu oleh Bapak Mulyanto, S.Ag (Teol) selaku Guru Kristen, Bonifasius, S.Ag (Guru Katholik) dan I Nyoman Werdu ( Guru Agama Hindu).

Kepala SMAN 12 Semarang Dr. Endah Dyah Wardani, M.Pd membuka sekaligus memberikan sambutan dalam kegiatan motivasi dan doa bersama

Pada sambutan Kepala Sekolah, Dr. Endah Dyah Wardani, M. Pd memberikan sebuah pesan terhadap seluruh peserta didik kelas XII, bahwa dilaksanakannya kegiatan motivasi dan doa bersama ini adalah agar peserta didik semuanya lebih percaya diri, dan semangat dalam belajar serta siap untuk menghadapi Ujian Sekolah Berbasis Web di Sekolah. Sebenarnya tidak hanya sebuah materi, namun karakter kejujuran dan unggul jauh lebih penting.

Drs. KH. Fachrur Rozi, M.Ag (Dosen UIN Walisongo Semarang) memberikan motivasi dan sekaligus memimpin doa bersama demi kelancaran dan semangatnya dalam menghadapi Ujian Sekolah Berbasis Web di Sekolah. Dalam menghadapi Ujian Sekolah Berbasis Web di Sekolah beliau berpesan kepada seluruh peserta didik kelas XII dan juga orang tua/wali peserta didik.
Pertama, dalam menghadapi Ujian Sekolah Berbasis Web di Sekolah peserta didik harus bahagia atau gembira, jangan stres atau panik, hadapi dengan senang dan gembira sehingga kalian semuanya mampu untuk belajar dengan baik.
Kedua, tentunya bapak ibu guru memberikan soal sudah diukur kemampuan kalian semuanya dan tentunya secara materi sudah pernah diberikan. Sifatnya Ujian Sekolah Berbasis Web di Sekolah adalah menguji dan mengulang materi saja, dan kalian semuanya menghadapinya dengan semangat tidak perlu khawatir dan risau.
Ketiga, untuk orang tua juga perlu ikut andil dalam memberikan semangat kepada putra putrinya untuk lebih percaya diri dan membangun psikologis dan mental dengan baik, bukan mengintimidasi kepada anaknya. Sebagai contoh, “belajar yang bener, kalo tidak lulus awas yaaa……”. Hal intimidasi terkadang membuat patah semangat mau menghadapi Ujian Sekolah atau bahkan mau melanjutkan studi lanjut yang sudah dicita-citakan. Jadi kondisinya bagaimanapun keluarga harus mendukung dan menguatkan semangat belajar dan menggapai cita-cita,serta penuh kepercayaan diri, yakin dan penuh semangat.

Semoga pelaksanaan USBW di sekolah berjalan lancar, peserta didik mendapatkan hasil yang maksimal.

Tim SMA Negeri 12 Semarang