PELATIHAN KONSELOR SEBAYA

Sabtu, 5 dan 12 November 2022 Ekstra Peer Guidance (PG) mengadakan Pelatihan Konselor Sebaya bersama PILAR PKBI Jawa Tengah.

    

Ekstra PG atau Peer Guidance adalah salah satu ekstra di SMA Negeri 12 Semarang di bawah bimbingan Guru Bimbingan dan Konseling (BK). Peer Guidance berfokus pada pembimbingan Teman Sebaya, bisa juga disebut Konselor Sebaya, di mana para anggota PG ini dilatih dan disiapkan untuk dapat menjadi Konselor Sebaya. Anggota Peer Guidance (PG) diharapkan bisa menjadi sahabat dan pendengar yang baik bagi teman-teman sebaya, menerima teman apa adanya, berempati, tulus dan peduli dengan teman, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

Berlatar belakang ketika remaja mengalami masalah mereka akan lebih nyaman bercerita dengan teman sebayanya. Maka dari itu kami menyelenggarakan kegiatan pelatihan konselor sebaya untuk para Anggota PG agar mampu membantu teman sebaya dalam mengentaskan masalah yang dialaminya. Sejalan dengan tujuan diadakannya Pelatihan Konselor Sebaya ini, Anggota ekstra PG dapat memperoleh bekal ketrampilan/teknik-teknik dasar Peer Guidance (PG) dan teknik konseling untuk remaja, sehingga Anggota PG dalam memberikan bantuan pada teman sebayanya bisa berjalan efektif dan efisien.

Bersama PILAR PKBI Jateng, anggota PG mendapatkan berbagai macam keterampilan yang disajikan melalui materi menarik yang diselingi dengan games atau permainan. Pada pertemuan pertama dilaksanakan di SMA Negeri 12 Semarang pada tanggal 5 November 2022 dimulai dari menggali pengetahuan peserta tentang PG dengan saling curah pendapat, mengenali diri sendiri dengan menyebutkan sifat dan karakteristik pribadi, diakhiri dengan praktik mendengarkan dan bercerita secara berpasang-pasangan.

Kemudian pada pertemuan kedua bertempat di Ek-View Agroedupark Karanggeneng pada 12 November 2022 anggota PG diajak untuk mengidentifikasi permasalahan remaja dengan teknik studi kasus, dilanjutkan dengan praktik konseling yang dilakukan secara kelompok dimana setiap kelompok ada yang berperan sebagai klien, konselor dan observer secara bergantian, sehingga semua peserta merasakan pengalaman yang sama dan pengetahuan yang utuh. Dan diakhiri dengan kegiatan outbond atau permainan kecil.

Banyak informasi, pengetahuan dan juga wawasan yang diperoleh Anggota Peer Guidance (PG) setelah melaksanakan Pelatihan Konselor Sebaya. Harapan setelah pelatihan ini para Anggota PG dapat menjadi tutor/pendamping teman sebaya di lingkungan sekolah, lingkungan rumah maupun di lingkungan masyarakat. Tetap konsisten dalam membantu teman-teman sebaya yang penuh dengan problematika remaja. Dalam membantu  Anggota PG selalu “SHARE WITH LOVE” dengan siapapun.

 

Penulis: Dra. Sri Sudarmiyati, M.Pd (Pengampu BK SMAN 12 Semarang)
Editor: Yekti Wikani, M.Pd ( Waka Humas SMAN 12 Semarang)