PRANAYA DAKSA: Be A Milestone In Future Leader.

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN BADI PENGURUS OSIS, MPK, DAN EKSTRAKURIKULER

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bertujuan untuk menambah wawasan berorganisasi antar anggota OSIS MPK, membangun serta mengembangkan jiwa kepemimpinan, dan meningkatkan kualitas pengurus OSIS MPK yang memiliki kemauan, kemampuan, serta pengetahuan yang memadai sebagai penggerak dari para
siswa.


Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan dilaksanakan pada Sabtu12 November 2022 – Minggu 13 November 2022 secara luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan dilaksanakan di Kampus SMAN 12 Semarang Latihan Dasar Kepemimpinan diikuti oleh peserta didik yang masuk dalam kepengurusan OSIS, MPK dan Ekstrakurikuler.

Dalam rangka memasuki masa reorganisasi periode 2021/2022 menuju periode 2022/2023, OSIS SMA Negeri 12 Semarang berkolaborasi dengan MPK akan mengadakan kegiatan latihan dasar kepemimpinan untuk pengurus baru OSIS MPK Tahun 2022/2023. Latihan dasar kepemimpinan adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk melatih dan membangun jiwa kepemimpinan anggota baru dari suatu organisasi maupun kelompok.

Bentuk Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan antara lain, upacara; peraturan baris berbaris; materi dari ahli; outbond; pementasan; sambung rasa; makrab; senam; dan pelantikan. Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan dibuka oleh Kepala SMAN 12 Semarang Ibu Dr. Endah Dyah Wardani, M.Pd, didampingi oleh 4 (empat) Wakil Kepala Sekolah, Pembina OSIS, Koordinator Ekstrakurikuler dan Tim Satuan Tugas Pelaksana Pembinaan Kesiswaan (STP2K). Dalam Sambutannya, Kepala SMAN 12 Semarang Dr Endah Dyah Wardani, M.Pd. menyampaikan dengan dilaksanakannya Latihan Dasar Kepemimpinan akan memberikan dukungan, menanamkan karakter yang baik sebelum menjadi  pemimpin. Para peserta LDK adalah Calon pemimpin bangsa, kelak maka harus ditanamkan sikap disiplin, memiliki jiwa korsa termasuk kekompakan dan kebersamaan.

Dalam kegiatan LDK, peserta diberikan materi tentang Kepemimpinan yang disampaikan oleh Dr. Endah Dyah Wardani, M.Pd., materi Organisasi yang diberikan oleh Dra. Sri Sudarmiyati, M.Pd., Materi Administrasi oleh Faozi Hidayah, M.Si., dan Alumni Ketua OSIS.

Semoga dengan adanya Latihan Dasar Kepemimpinan ini, peserta dapat mengimplementasikan dalam kegiatan berorganisasi dan tujuan dapat tercapai. Selain penanaman karakter, juga dibimbing bagaimana menjadi pengurus yang baik. Semua peserta Latihan Dasar Kepemimpinan harus mampu membuat dan menyiapkan administrasi sebelum memulai kegiatan seperti membuat proposal kegiatan. Semua yang didapatkan peserta Latihan Dasar Kepemimpinan harus bisa diimplementasikan dalam kegiatan berorganisasi dan tujuan dapat tercapai.