SOSIALISASI PORTAL JATENG PINTAR OLEH BPTIK DIKBUD PROVINSI JAWA TENGAH

Kamis, 9 Pebruari 2023, Kepala BPTIK DIKBUD Provinsi Jawa Tengah Dr. H. Siswanto, M.Pd berkunjung ke SMAN 12 Semarang dalam rangka sosialisasi pemanfaatan Portal Jateng Pintar.

Bertempat di ruang guru SMAN 12 Semarang, Dr. Siswanto, M.Pd menyampaikan paparan dengan tema ”Transformasi Digital Dukung Inovasi Sekolah Wujudkan Merdeka Belajar”. Transforrmasi digital adalah perubahan untuk implementasi TIK ke semua aspek kegiatan di satuan pendidikan. Empat pilar transformasi digital adalah perubahan untuk mengimplementasikan TIK ke semua aspek kegiatan di sekolah dengan perlunya diterapkan pengembangan School Management System (SMS) dan Learning Management System (LMS). Empat (4) pilar literasi digital, diantaranya: (1) Digital Skill, (2) Digital Cultur, (3) Digital Ethic dan (4) Digital Safety.

Bidang Pengembangan TIK meliputi: 1) Augmented Reality, 2) EduGame, 3) Video Pembelajaran, 4) Audio Pembelajaran. Pembinaan Minat dan Bakat Peserta dengan membuat kegiatan Gelar Karya Guru dan Siswa yang bertujuan untuk menumbuhkan minat bakat dan merangsang kreatifitas dalam mengembangkan ide-ide pemikiran dengan memanfaatkan keunggulan TIK. Vodcast Berbagi yang bertujuan berbagi informasi, menyampaikan aspirasi, dan mensosialisasikan kebijakan terbaru seputar dunia pendidikan. BPTIK Dikbud juga memfasilitasi pendampingan radio ke SMA/SMK yang bertujuan bekerja sama dalam peningkatan radio pendidikan Jawa Tengah.

TOT (Training of Trainer) kepada guru untuk menjadi trainer pada kegiataan pendayagunaan TIK. BPTIK Dikbud Jawa Tengah memiliki Layanan Wisata Edukasi yang dapat dimanfaatkan satuan pendidikan antara lain, 1) Wahana Jelajah Angkasa, 2) Teropong Bintang, 3) Virtual Reality, 4) Smart Edu, 5) Studio Video

Program Inovasi dan Kolaborasi BPTIK Dikbud Jawa Tengah antara lain, 1) Bolpen Sekodi (Bimbingan Teknis Online dan Pendampingan Sekolah Digital, 2) Layanan Streaming, 3) Digital School Bootcamp, dan 4) Portal Web Jateng Pintar yang berisi sumber belajar digital sebagai upaya mewujudkan inovasi pembelajaran di Era Industri 4.0

Dalam sambutannya, Kepala SMAN 12 Semarang Ibu Dr. Endah Dyah Wardani, M.Pd. menyampaikan, dengan adanya sosialisasi dari BPTIK  berharap untuk menjadikan guru SMAN 12 Semarang semakin bersahabat dengan ekosistem digital khususnya memanfaatkan segala fasilitas yang dimiliki oleh BPTIK Dikbud Jawa Tengah dalam kegiatan belajar menagajar sehingga mempercepat transformasi digital yang mendukung dalam pengimplementasian kurikulum merdeka di SMAN 12 Semarang.

Penulis : Humas SMAN  12 Semarang