Ayo Donor Darah! Noi siamo tutifrateli ( kita semua sama / saudara )

SMAN 12 Semarang bekerja sama dengan PMI Kota Semarang yang sudah memiliki Memorandum of Understanding (MoU) menyelenggarakan kegiatan rutin donor darah yang dilaksanakan pada hari Selasa, 1 Februari 2023 di Hall SMAN 12 Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin 3 bulan sekali, yang diikuti oleh peserta didik, guru dan karyawan yang memenuhi syarat sebagai pendonor. Kadang-kadang diikuti juga oleh tamu yang sedang berada di sekolah yang biasanya sebagai pendonor pula.

Kegiatan donor darah merupakan salah satu program sekolah yang masuk dalam kegiatan UKS yang dalam hal ini melalui kegiatan Ektrakurikuler PMR WIRA SMAN 12 Semarang yang dibimbing oleh Ibu Yuni Kristiana, S.Pd. Kegiatan donor darah di sekolah, merupakan salah satu program yang ada di dalam kurikulum kegiatan Ekskul PMR. Peran peserta PMR WIRA adalah dapat mengidentifikasi peran PMR dalam donor darah sebagai pendonor, menginformasikan, mengajak, mengorganisir kegiatan. Termasuk membuat media promosi dan publikasi dan melakukan kampanye di sekolah menyampaikan syarat dan ketentuan, dan manfaat donor darah. Yang diharapkan menjadi pendidik remaja sebaya dalam menyampaikan informasi tentang donor darah kepada peserta didik yang lain.

 

Mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali, akan membuat tubuh terpacu memproduksi sel-sel darah baru, sedangkan fungsi sel-sel darah merah adalah untuk oksigenisasi dan mengangkut sari-sari makanan. Dengan demikian fungsi darah menjadi lebih baik sehingga donor menjadi sehat. Selain itu, kesehatan pendonor akan selalu terpantau karena setiap kali donor dilakukan pemeriksaan kesehatan sederhana dan pemeriksaan uji saring darah terhadap infeksi yang dapat ditularkan lewat darah.

Kepala SMAN 12 Semarang, Ibu Dr. Endah Dyah Wardani, M.Pd menyampaikan harapan agar kegiatan donor darah ini tetap dapat dilaksanakan secara rutin, pendonor dari peserta didik, ibu bapak guru dan karyawan semakin meningkat jumlahnya. Ucapan terima kasih disampaikan kepada PMI Kota Semarang,  Tim Ekstrakurikuler PMR WIRA beserta pembina dan juga pendonor, semoga darah yang telah didonorkan bermanfaat besar bagi sesama yang membutuhkan.

Penulis : Humas SMAN 12 Semarang

WhatsApp
Telegram
Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan