PELATIHAN KETERAMPILAN / TEKNIK-TEKNIK DASAR PEER GUIDANCE DI “RUMAH DAMAI“ CEPOKO GUNUNGPATI

Sabtu , 14 Mei 2022, Ekstra Peer Guidance ( PG) mengadakan kunjungan dan melaksaknakan praktik lapangan di Rumah Damai Cepoko Gunungpati.

Ekstra PG atau Peer Guidance adalah salah satu ekstra di SMA Negeri 12 Semarang  di bawah bimbingan Guru Bimbingan dan Konseling ( BK). Peer Guidance  berfokus pada pembimbingan Teman Sebaya, bisa juga disebut Konselor Sebaya, di mana para anggota PG ini dilatih dan disiapkan untuk dapat menjadi Konselor  Sebaya. Anggota Peer Guidance (PG)  dapat menjadi  sahabat dan pendengar yang baik bagi teman-teman sebaya, menerima teman apa adanya, berempati, tulus dan peduli dengan teman baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

Ekstra PG ini dilatarbelakangi karena remaja biasanya jika mengalami masalah/problem sulit untuk terbuka atau bercerita dengan guru maupun orang tuanya dan mereka lebih cenderung terbuka dengan teman sebayanya. Maka dari itu para anggota Peer Guidance (PG) diharapkan dapat membantu teman-teman sebaya mereka untuk sekedar curhat maupun sharing, juga pendampingan dalam memutuskan solusi atas masalah-masalah yang mereka hadapi dengan menggunakan keterampilan-keterampilan yang sudah diajarkan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Tujuan dengan dibekalinya keterampilan/teknik-teknik dasar Peer Guidane ( PG), para Anggota PG dalam memberikan bantuan pada teman sebayanya dapat efektif dan efisien.

Ekstra Peer Guidance (PG) memilih Rumah Damai sebagai tempat untuk melaksanakan praktek lapangan keterampilan / teknik-teknik PG, karena sesuai permasalahan yang sering dihadapi remaja, mulai permasalahan puberbas, relasi, gender, pacaran dll. Salah salah satu permasalahan juga yang rentan dialami remaja adalah penyalahgunaan obat-obatan terlarang atau narkoba. Rumah Damai merupakan Panti Rehabilitasi Narkoba. Jadi dengan berkunjung ke Rumah Damai, anggota Peer Guidance (PG) akan memperoleh informasi dan pengetahuan yang akurat dari narasumber yang merupakan pengguna maupun pecandu narkoba. Anggota Peer Guidance memperoleh berbagai macam informasi, mulai dari apa itu narkoba, penyebab, dampak, dan proses pemulihannya setelah kecanduan narkoba. Anggota PG juga dapat melihat secara langsung ( Tour Rumah Damai) tempat dan fasilitas apa saja yang ada di Rumah Damai.

Banyak informasi, pengetahuan dan juga wawasan yang diperoleh Anggota Peer Guidance (PG) setelah melaksakan kunjungan di Rumah Damai. Harapan setelah melakukan kunjungan di Rumah Damai ini, para Anggota PG dapat menjadi influencer bagi teman-teman sebaya mereka untuk menjauhi narkoba. Seperti slogan PG bahwa kami PG adalah “REMAJA MEMILIH SEHAT” yang “CERDAS EMOSIONAL, CERDAS SOSIAL, SEHAT SEKSUAL” dan kami selalu “SHARE WITH LOVE”.

WhatsApp
Telegram
Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan