Program NIHONGO Partners (NP) SMA Negeri 12 Semarang

Program NIHONGO Partners (NP) adalah program yang mendukung pendidikan Bahasa Jepang di negara-negara ASEAN dengan melaksanakan kegiatan pengenalan bahasa dan budaya Jepang di dalam maupun di luar kelas dengan sukarelawan yang berperan menjadi mitra percakapan maupun asisten dalam kegiatan belajar-mengajar, sebagai mitra dari pengajar dan siswa pembelajar Bahasa Jepang. Para Partners sendiri juga akan memperdalam dan mempelajari bahasa maupun budaya setempat, dengan tujuan menjadi jembatan bagi negara-negara ASEAN dan Jepang.

Pada tahun ini, SMAN 12 SEMARANG berkesempatan mengikuti program NP gelombang 17 B, yang akan di laksanakan pada Bulan September 2022 – Maret 2023. Native Speaker dari Jepang yang akan bertugas di SMAN 12 adalah Watanabe Ichi. Pada tanggal 13-14 September, Guru Bahasa Jepang yang mengikuti program NP, melakukan workshop terkait persiapan pelaksanaan Team Teaching bersama NP. Workshop pada tanggal 13 september 2022, Guru bahasa Jepang (CP) dan NP melakukan pelatihan Team Teaching di dalam kelas meliputi pengenalan kosakata, Mendengarkan, dan Berbicara. Guru (CP) dan NP berlatih bekerja sama dalam mengajarkan bahasa Jepang di dalam kelas.
Pada workshop hari ke 2, Guru (CP) dan NP melaksanakan pelatihan Team Teaching mengenai pengenalan budaya Jepang di dalam kelas. Guru dan NP berlatih saling bekerja sama untuk menciptakan pembelajaran bahasa Jepang yang menyenangkan dan mudah dipahami.
Acara selanjutnya dilanjutkan dengan upacara penerimaan Nihongo Partner yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 15 September 2022 di Hotel Grand Dhika Semarang.

Penulis: Rike Riszki Yunitasari, S.Pd.
Editor: Yekti Wikani, M.Pd

WhatsApp
Telegram
Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan