Seminar Jurnalistik “CANOPY TALKS: Narasi untuk Bangsa”

Pada Sabtu lalu, tepatnya pada tanggal 11 Maret 2023, salah satu ekstrakurikuler di SMAN 12 SEMARANG yaitu Canopy, telah suskes menyelenggarakan Seminar Jurnalistik “Canopy Talks.” Seminar Jurnalistik “Canopy Talks” mengangkat tema Narasi untuk Bangsa. Diketahui event ini merupakan event tahunan ekstrakurikuler Canopy. Seminar Jurnalistik “Canopy Talks” diselenggarakan di aula lt 2 SMAN 12 SEMARANG dan diikuti oleh seluruh anggota ekstrakurikuler canopy ditambah perwakilan dari beberapa organisasi dan ekstrakurikuler lain seperti OSIS, MPK, APR, PASKIBRA, dan PMR.

Acara Seminar Jurnalistik “Canopy Talks” pada Sabtu lalu berlangsung dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Acara dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SMAN 12 SEMARANG. Selanjutnya, sambutan dari Ketua Panitia Seminar dan sambutan dari Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, Bapak Dwi Muh. Fajar Basuki M.Pd. dan juga pembacaan doa. Kemudian acara inti yang dipimpin oleh moderator dimulai, berlangsungnya paparan materi dari dua narasumber yang telah diundang. Setelah acara inti berakhir, kegiatan seminar belangsung dengan cukup santai dan dilanjut dengan ice breaking atau games. Sesi pemberian hadiah juga berlangsung dengan cukup meriah.

Event ini diketuai oleh Aditya Wisnu dari XI IPS 1, dengan Aretha Kimiko dari XI MIPA 2 sebagai wakilnya. Aditya dan Aretha beserta sederet panitia lainnya melaksanakan tugasnya dengan sangat baik dan penuh totalitas. Tak tanggung-tanggung dalam seminar kemarin mereka juga mengundang narasumber dari luar sekolah untuk mengisi materi pada event Seminar Jurnalistik “Canopy Talks.” Narasumber yang diundang adalah Atika Elfandari dan Alfauzi Yogi Hidayat.

 

Atika Elfandari merupakan seorang marketing di TRAX FM. Ibu Atika juga seorang reviewer dan penulis. Ia pernah menulis cerpen lepas di Majalah Gadis, Aneka, Kawanku, dan Olga. Ibu Atika juga pernah menjadi reporter untuk reportase Arus Mudik 2022, reportase event Prodia, reportase event Djarum Black di Solo, reportase event wayang di Taman Indonesia Kaya.
Sementara itu, Alfauzi Yogi, atau yang biasa dipanggil Mas Yogi, merupakan seorang content creator dan fotografer. Mas Yogi merupakan content creator café Bersua at The Heights, Fotografer Panser Biru (2007-sekarang), tim dokumentasi Hendra Kumbara (2022). Selain berkecimpungan di bidang fotografi, ia juga berkecimpungan di bidang desain grafis.

 

Sebagai event pertama di tahun ini, event kemarin terbilang sukses dan cukup bagus. Hal ini dapat dijadikan contoh untuk angkatan selanjutnya di Canopy, bahkan untuk ekstrakurikuler yang lain. Yang terpenting bagi panitia dalam mengatur sebuah event adalah kekompakan dan komunikasi antar panitia.

Penulis : Aurelita Aidafitri Aisyah (Siswi SMAN 12 Semarang – Canopy Divisi Jurnalistik)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

WhatsApp
Telegram
Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan