Pentas Seni: Ajang Ekspresi dan Aktualisasi Suara Demokrasi

Kota Semarang, 10 Oktober 2023 – Salah satu upaya pengembangan diri dalam implementasi kurikulum merdeka, yaitu dengan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila atau sering disingkat P5. Kegiatan P5 bertujuan untuk membranding peserta didik sebagai pelajar pancasila yang berjiwa Nasionalis. Tema umum yang diambil “Suara Demokrasi” dengan target peserta didik kelas X dan XI dua jenjang sekaligus secara bersamaan. Tema umum tersebut dibrackdown menjadi tema besar yang digunakan SMA Negeri 12 Semarang yaitu “Suaraku untuk Pendidikan Indonesia Maju” sebagai landasan dalam konsep kegiatan.

Ada beberapa kegiatan dalam P5 Suara Demokrasi, salah satunya adalah Lomba Pentas Seni Suara Demokrasi dengan tema “Demokrasi Bersih dan Sehat”. Diferensiasi juga dimasukkan dalam kegiatan pentas seni yaitu peserta didik per kelas bisa memilih jenis pentas seni yang akan disajikan seperti; pentas drama, seni tari, drama tari, stand up comedy, dan musikalisasi puisi. Sebelum peserta didik tampil menyajikan pentas yang dipilih, terlebih dahulu mereka membuat rancangan naskah pentas seni sebagai tagihan asesmen kognitif.

Peserta didik menampilkan pentas seni mereka dengan penuh totalitas, kreativitas, dan semangat yang luar biasa. Ada yang menampilkan stand up comedy, drama tari, pentas drama, serta ada yang menampilkan lebih dari satu jenis pentas seni. Kegiatan tersebut merupakan wujud nyata suara pelajar dalam menyampaikan aspirasi demokrasi yang dikemas melalui kegiatan positif. Hal tersebut selaras dengan keadaan zaman sekarang ketika menyampaikan sebuah aspirasi banyak diwarnai dengan kerusuhan. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta didik kedepan bisa menyuarakan aspirasi mereka melalui hal-hal yang positif, kreatif, dan inovatif.

WhatsApp
Telegram
Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan