Peringatan Idul Adha SMA Negeri 12 Semarang 2022

Semarang, Minggu (10/07/2022) – Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 2022 / 1443 H SMA Negeri 12 Semarang menyelenggarakan kegiatan Sholat Idul Adha berjamaah, penyembelihan hewan qurban dan selanjutnya pendistribusian daging hewan qurban kepada peserta didik dan warga di lingkungan sekitar sekolah.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1443 H Tahun 2022 ini dilakukan di Lapangan Utama SMA Negeri 12 Semarang, dengan bertindak sebagai imam adalah Bapak Khasan Farid, S.PdI. dan khotib adalah Bapak Angga Riyawan Awaludin, S.Pd. dan Bilal adalah Bapak Nastain, S.Pd, dan kesemuanya adalah guru SMAN 12 Semarang. Dalam khutbahnya, khotib menyampaikan bahwa hari raya ini perlu merasakan kebesarannya, kewibawaannya, kemuliaannya, seperti Nabi ﷺ menganjurkan pada kita semua.

(Suasana Sholat Iduladha di Lap. SMAN 12 Semarang)

Kepala SMA Negeri 12 Semarang Dr. Endah Dyah Wardani, M.Pd. di dalam sambutan, menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi tinggi apa yang telah dilakukan Panitia Idul Adha; peserta didik ROHIS Al Firdaus dan OSIS dengan bimbingan dari pembina serta guru-guru SMA Negeri 12 Semarang atas terselenggaranya kegiatan ini, dan mampu menghimpun hewan qurban sebanyak 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Kegiatan penyembelihan hewan qurban di sekolah dimaksudkan supaya memberikan pengetahuan secara nyata tentang qurban dan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, serta pendistribusiannya. Hal ini juga sekaligus sarana membentuk profil pelajar Pancasila.


(Penyembelihan Hewan Qurban)

(Pendistribusian Daging Hewan Qurban)

Khasan Farid, S.Pd.I., M.Si selaku ketua panitia dan Imam Sholat Idul Adha 1443 H SMA Negeri 12 Semarang menyampaikan dengan rasa bersyukur kegiatan peringatan Idul Adha beserta rangkaiannya berlangsung dengan baik dan lancar. Pada prinsipnya peyembelihan hewan qurban adalah yang pertama sebagai wahana latihan, khususnya untuk para peserta didik di SMA Negeri 12 Semarang, kemudian diberikan kepada peserta didik lain ataupun warga lingkungan sekitar. Peserta didik dilatih supaya memiliki rasa empati terhadap saudara. Peserta didik khususnya yang tergabung dalam ROHIS Al Firdaus dan OSIS SMAN 12 Semarang juga dilibatkan secara langsung dalam pelaksanaan kegiatan Idul Adha. Semoga dengan pelaksananaan kegiatan peringatan Iduladha tahun 2022 ini memberikan manfaat, menanamkan karakter kepada peserta didik, melalui latihan berkurban.

WhatsApp
Telegram
Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan