SIMPeL-12, Platform PJJ Karya SMA Negeri 12 Semarang

Awal tahun 2020, dunia dihebohkan dengan munculnya virus Covid-19 di Wuhan, China. Virus ini kemudian menyebar secara cepat ke seluruh dunia dan menjadi sebuah pandemi. Seluruh negara di dunia terkena dampaknya, tidak terkecuali Indonesia. Banyak sektor yang terkena dampak dari pandemi ini, mula dari sektor pangan, pariwisata, ekonomi, manufaktur, hingga sektor pendidikan.

Bulan Maret 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19). Diberlakukannya surat edaran tersebut menuntut sekolah melaksanakan pembelajaran secara daring. Banyak guru yang masih gagap dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) karena belum menguasai berbagai macam teknologi yang telah disediakan oleh platform pembelajaran.

SMA Negeri 12 Semarang membutuhkan sebuah platform pembelajaran yang dapat memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. sistematis;
  2. terkontrol;
  3. mempermudah pengawasan;
  4. menjamin keberlangsungan pembelajaran;
  5. mudah, murah, efektif; dan
  6. ramah kuota.

Beberapa platfrom pembelajaran yang sudah ada, belum dapat mencakup kebutuhan pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 12 Semarang karena tidak ramah kuota dan juga harus membutuhkan kapasitas ruang penyimpanan yang besar. Padahal tidak semua siswa memiliki perangkat yang memadai dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.

Berdasarkan latar belakang tersebut, SMAN 12 Semarang memandang perlu  membuat sebuah aplikasi teknologi tepat guna secara mandiri yang dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran jarak jauh. Untuk itu SMAN 12 Semarang membuat platform pembelajaran berbasis web dengan nama Sistem Informasi dan Manajemen Pembelajaran e-Learning SMA Negeri 12 Semarang (SIMPeL-12).

Sistem Informasi dan Manajemen Pembelajaran e-Learning SMA Negeri 12 Semarang (SIMPeL-12) merupakan sebuah platform pembelajaran berbasis web yang dibuat SMAN 12 Semarang untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran jarak jauh. SIMPeL-12 dikembangkan dalam waktu kurang lebih dua bulan berikut dengan simulasi dan pelatihannya.  SIMPeL-12 dimulai dengan versi 1.0 hingga kini telah dikembangkan menjadi versi 2.0. Pemakaian platform SIMPeL-12 di SMA negeri 12 Semarang mulai diaplikasikan di awal tahun pelajaran 2020/2021. Sebagai platform pembelajaran yang masih baru, SIMPeL-12 sudah didukung dengan beberapa fitur, yakni:

  1. Beranda;
  2. Pengumuman;
  3. Pesan;
  4. Presensi;
  5. Jadwal Mengajar;
  6. Jurnal Pengajar;
  7. Materi;
  8. Tugas;
  9. Arsip;
  10. Filter Pengajar;
  11. Filter Siswa;
  12. LiveMeet;
  13. Ekstrakurikuler;

Selain itu juga mengakomodir kebutuhan penilaian terhadap siswa secara klasikal, baik itu berupa Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), ataupun Ujian Sekolah (US).

Dengan terobosan ini, diharapkan permasalahan yang timbul selama penerapan Pembelajaran Jarak Jauh di SMAN 12 Semarang dapat teratasi, atau minimal dapat mengurangi segala kekurangan yang timbul dalam proses pembelajaran daring.

WhatsApp
Telegram
Facebook
Twitter